KEBERSIHAN,FUNGSI SANITASI,dan DRAINASE SEKOLAH
PENGELOLAAN SAMPAH
PENANAMAN DAN PEMELIHARAAN POHON/TANAMAN
KONSERVASI AIR
KONSERVASI ENERGI
INOVASI PENERAPAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN
PEMBENTUKAN JEJARING KERJA dan KOMUNIKASI
PENERAPAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN HIDUP ( PRLH )
KEGIATAN KAMPANYE dan PUBLIKASI GPBLHS
KADER ADIWIYATA
KEBERSIHAN, FUNGSI SANITASI, dan DRAINASE SEKOLAH
Langkah-langkah yang dilakukan:
- Membersihkan semua ruang dan lingkungan sekolah
- Membersihkan toilet dan tempat cuci tangan
- Membersihkan drainase / selokan
- Mengadakan sarpras toilet dan tempat cuci tangan (gayung, sabun, petunjuk penggunaan)
- Mengadakan lomba kebersihan kelas
- Melaksanakan kegiatan Jumat bersih
- Menguras selokan dengan diesel
- Menambahkan ikan di selokan untuk memakan jentik-jentik nyamuk
- Mendokumentasikan kegiatan dalam bentuk foto, video, dan dokumen tertulis
- Membuat buku monitoring/check list dari uraian tugas
- Membuat jadwal kebersihan toilet berdasarkan daftar piket kelas
- Membuat kapling area kebersihan melibatkan berbagai pihak
- Melakukan aksi bersih-bersih sampah di pantai
- Ikut membersihkan lingkungan sekitar sekolah
PENGELOLAAN SAMPAH
Langkah-langkah yang dilakukan:
- Menyediakan air minum isi ulang.
- Melakukan kampanye tidak menggunakan plastik.
- Membuat loker khusus untuk pengumpulan donasi barang-barang bekas dari warga sekolah.
- Membuat jadwal piket pemindahan sampah ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).
- Membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) pemindahan sampah untuk pedoman peserta didik.
- Menyediakan tempat sampah terpilah sesuai jenisnya dan memberi label.
- Melaksanakan pengomposan yang melibatkan kader Adiwiyata.
- Mengatur penyaluran kompos ke Pokja Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman.
- Memilah kemasan bekas produk untuk digunakan ulang, seperti:
- Botol plastik bekas untuk media tanam (hasil diserahkan ke Pokja Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman).
- Cup plastik bekas minuman untuk tempat pensil (hasil diserahkan ke guru Prakarya).
- Mengirim sampah anorganik ke bank sampah agar didaur ulang.
- Membuat buku pengumpulan sampah berisi data/catatan volume sampah organik dan anorganik, dihitung rata-rata per bulan, selama 1 tahun.
- Mendokumentasikan semua kegiatan (dokumen tertulis, foto, video).
- Melakukan kampanye tentang bank sampah dan pengelolaan sampah dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle).
- Ikut memilah sampah dan menerapkan prinsip 3R untuk lingkungan sekitar sekolah.
PENANAMAN DAN PEMELIHARAAN POHON/TANAMAN
Langkah-langkah yang dilakukan:
- Membuat buku monitoring/check list berisi jenis tanaman, jumlah tanaman, dan kondisinya.
- Mendokumentasikan kondisi tanaman yang ditanam serta proses pemeliharaan, penanaman, dan pembibitan.
- Memberi nama pada tanaman (pelabelan).
- Mengadakan lomba penghijauan kelas.
- Mengikuti kegiatan penanaman di sekitar sekolah.
- Membuat jadwal piket penanaman, pemeliharaan, dan pembibitan yang melibatkan berbagai pihak (guru, siswa, orang tua, dll).
- Menanam tanaman seperti lidah buaya, buah, sayur, dan TOGA.
- Melakukan pembibitan tanaman dengan media tanam dari kemasan bekas produk.
- Memupuk tanaman menggunakan kompos hasil dari Pokja Pengelolaan Sampah.
- Menulis manfaat/khasiat masing-masing tanaman TOGA.
- Memilih jenis tanaman endemik yang tidak membahayakan bangunan atau warga sekolah (tidak berduri dan tidak beracun).